Tips Menjaga Keseimbangan Pekerjaan Serta Keluarga di Masa WFH

Meningkatkan kasus positif harian Covid – 19 membuat banyak kantor yang kembali memberlakukan kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Hal ini, tak dimungkiri justru menimbulkan tantangan besar bagi sebagian besar keluarga, utamanya perempuan karena harus tetap memperhatikan keluarga mereka di samping kesibukan menyelesaikan pekerjaan setiap harinya.

Menyeimbangkan kehidupan kerja dengan kehidupan rumah di tengan pandemic Covid – 19 menjadi tantangan bagi banyak orang, terutama yang bekerja berjam – jam hingga akhir pekan.

Apapun kondissi kalian, sangat penting untuk meluangkan waktu untuk mengisi ulang tenaga sert menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman kalian agar tidak kelelahan dan stress.

Lalu, bagaimana cara untuk menyeimbangkan antara kehidupan probadi dengan pekerjaan selama WFH? Yuk simak tips nya di bawah ini.

 

1.Melakukan Aktivitas Secara Terorganisir dan Atur Waktu

Melakukan Aktivitas Secara Terorganisir dan Atur Waktu

Rencanakan hari kerja kalian sebelumnya dan prioritaskan tugas mendesak yang harus kalian selesaikan terlebih dahulu.

Jika kalian cenderung bekerja lebih baik di pagi hari, mulailah tugas-tugas ini terlebih dahulu sebelum melakukan panggilan telepon atau menjawab email. Hitung berapa lama kalian menghabiskan waktu untuk setiap tugas sepanjang hari di rumah.

Perhatikan waktu untuk melakukan kegiatan yang kurang penting, seperti membuka aplikasi media sosial atau mengobrol dengan rekan kerja. Cobalah berusaha untuk menghilangkannya dari jadwal kalian untuk memaksimalkan produktivitas.

 

2.Hindari Kegiatan Multitasking dan Jangan Terlalu Berkomitmen Pada Satu Pekerjaan

Hindari Kegiatan Multitasking dan Jangan Terlalu Berkomitmen Pada Satu Pekerjaan

Fokus pada satu tugas pada satu waktu sehingga kalian dapat menyelesaikannya lebih cepat. Tutup semua tab browser lainnya dan kerjakan satu proyek dari bagian atas daftar tugas kalian.

Bicaralah jika kalian merasa tenggelam dalam satu pekerjaan. Tidak apa-apa untuk meminta bantuan dari rekan kerja.

 

3.Batasi Rapat dan Turunkan Tingkat Stres

Batasi Rapat dan Turunkan Tingkat Stres

Lakukan yang terbaik untuk hanya menghadiri pertemuan yang benar-benar perlu diikuti. Dengan membatasi jumlah rapat dalam sehari, kalian akan membebaskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan penting.

Pertimbangkan untuk berjalan-jalan selama istirahat makan siang atau hanya menjauh dari meja kalian untuk berjalan-jalan sebentar di lorong untuk menjernihkan pikiran kalian.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri penting dalam mengurangi stres dan menciptakan keseimbangan kerja atau hidup yang baik.

 

4.Tidur Lebih Lama dan Berlibur

Tidur Lebih Lama dan Berlibur

Kurang tidur akan sangat membantu meningkatkan stres. Alih-alih mengandalkan kafein untuk membangunkan kalian di pagi hari, cobalah tidur sedikit lebih awal untuk bangun dengan perasaan segar.

Membuat jadwal liburan tahunan wajib hukumnya. Beristirahat dari kesibukan sehari-hari tidak hanya sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik kalian, tetapi juga akan membantu meningkatkan produktivitas kalian ketika kalian kembali ke kantor.

Selama pandemi, kalian dan keluarga bisa memilih jenis liburan yang tidak berada di keramaian, misalnya staycation di villa atau hotel sambil bermain slot yang bisa menghasilkan uang asli.

 

5.Jangan Abaikan Keluarga dan Mengatur Mental Psikologi

Jangan Abaikan Keluarga dan Mengatur Mental Psikologi

Utamakan kepentingan anak dan pasangan selama bekerja dari rumah. Hal ini penting karena baik untuk seorang pekerja secara personal, bagus untuk perkembangan anak, serta dapat menjaga hubungan dengan pasangan.

Untuk berkembang dan belajar, anak-anak membutuhkan perhatian yang hangat, penuh kasih, dan waktu berkualitas bersama orangtuanya. Waktu berkualitas adalah ketika orangtua secara fisik dan emosional hadir menemani anak.

Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan mengajaknya belajar, atau dalam kasus lain jika ia menangis, berhentilah sebentar untuk menenangkan, baru kemudian kembali bekerja. Sementara bagi suami dan istri sebaiknya mengatur jadwal bersama.

Siapkan kesabaran ekstra dalam menghadapi masa pandemi ini, terutama bagi keluarga yang memiliki balita dan anak bayi.

Lakukan konsultasi psikologi jika perlu. Selain itu, langkah lain dan sederhana yang perlu dilakukan adalah dengan lebih mengurangi paparan pemberitaan media.

Sebagaimana dilaporkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), hal ini penting guna melindungi diri dari perasaan khawatir akibat pemberitaan yang tiba-tiba dan konstan.

 

Nah, itulah berbagai tips yang bisa kalian lakukan untuk menyeimbangkan pekerjaan serta keluarga kalian di masa pandemic dan WFH ini. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang masih WFH.